THE BEST SCHOOL

Selamat Datang Di Blog SMA Negeri 1 Watampone, Sekolah Unggulan Di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan Yang Membina Generasi Muda Dan Di Harapkan Menjadi Generasi Cerdas, Tangguh, Displin Dan Berakhlak Mulia. Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Dan Komunikasi. Semoga Dengan Adanya Blog Ini, Informasi Dari SMA Negeri 1 Watampone Dapat Disebarluaskan Kepada Seluruh Lapisan Masyarakat.

PROGRAM

PROGRAM KERJA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Nama Sekolah                     :  SMA Negeri 1 Watampone
Alamat Sekolah                   : Jl. Ternate No. 1 Watampone
Provinsi                                 :  Sulawesi Selatan
Kabupaten/Kota                   :  Bone

I.   Visi  Sekolah

Visi Sekolah       : Peningkatan kinerja dan kualitas pendidikan serta pengembangan agama dan budaya.

II.   Misi Sekolah

Misi Sekolah      
1.    Menciptakan lingkungan yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran
2.    Menumbuhkembangkan profesionalisme guru
3.    Menumbuhkembangkan kinerja pegawai tata usaha
4.    Menumbuhkembangkan partisipasi orang tua siswa
5.    Menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat lingkungan sekolah
6.    Membina dan menyalurkan bakat peserta didik
7.    Membina dan melaksanakan pengamalan agama dan budaya.
8.    Mengembangkan Teknologi Informatika dan Komunikasi dalam pembelajaran dan administrasi sekolah

III.  Tujuan Sekolah

a.      Mempersiapkan peserta didik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak Mulia.
b.      Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang olahraga dan seni
c.       Menciptakan suasana pembelajaran yang tertib, aman dan kondusif
d.      Memiliki tenaga pendidik yang berpengetahuan dan trampil sebagai kenselor yang profesional serta dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya
e.      Membekali peserta didik agar memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta kemampuan berbahasa Inggris untuk mengembangkan secara mandiri
f.        Menanamkan pada peerta didik sikap ulet dan tangguh dalam menghadapi tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan dalam pelaksanaan KBM dan kegiatan sekolah lainnya serta terhindar dari pengaruh negatif, khususnya pengaruh Narkoba
g.      Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

IV.  Sasaran Kebutuhan Sekolah

 

A.  KESISWAAN

  1. Penerimaan Siswa Baru dan MOS
a. Sasaran           :  Calon siswa baru
b. Waktu              :  Juni s.d. Juli 2011
c. Peserta            : - Siswa baru
                      - Siswa kelas X dan XI untuk kegiatan MOS
                      - Guru dan pegawai yang ditunjuk sesuai dengan SK
d. Tujuan              : - Mengembangkan kelembagaan
                            - Pemberian kesempatan belajar
 - Mengenal lingkungan sekolah
  1. Pembinaan/Peningkatan pelaksanaan tata tertib sekolah, 7 K .
a. Sasaran              :   Siswa kelas X, XI, dan XII
b. Waktu                  :   Setiap bulan
c. Peserta                : - Siswa kelas X, XI dan XII
                                  - Pengurus Osis
     - Pembina Osis dan Pembina Ekstrakurikuler
d. Tujuan                   :  - Menciptakan ketertiban dan keamanan sekolah
                               - Memelihara kebersihan dan keindahan sekolah
  1. Pembinaan/Peningkatan mutu pelaksanaan organisasi siswa
a. Sasaran                 : - Siswa kelas X, XI, dan  XII
                                        - Pembina
b. Waktu                      :   Desember 2009
c.  Peserta                   : - Pengurus OSIS
                                   - Pembina OSIS
d. Tujuan                      : - Melatih siswa berorganisasi
- Meningkatkan wawasan dan pengetahuan berorganisasi
- Membina keakraban dengan organisasi lain
  1. Pembinaan/Peningkatan Iman dan Taqwa (IMTAK)
a. Sasaran                     : - Siswa kelas X, XI, dan  XII
b. Waktu                         : - Agustus 2009
  - Maret 2010
c.  Peserta                      : - Siswa kelas X, XI, dan XII
  - Pengurus Osis
   - Pembina Osis dan Pembina Ekstrakurikuler
d. Tujuan                        :-  Memperdalam dan menumbuhkan IMTAK siswa


  1. Pembinaan/Peningkatan Prestasi Siswa
a. Sasaran                 : - Siswa yang berprestasi Akademik
  - Siswa yang berprestasi Non Akademik
b. Waktu                    :- Akhir semester  I  dan semester II
c. Peserta            :- Siswa kelas X, XI, dan XII yang masuk kategori   pringkat 3  besar dari setiap tingkatan
  -Siswa kelas X, XI, dan XII pada kejuaraan Tingkat Kabupaten dan Propinsi
d. Tujuan                   :- Motivasi siswa dalam belajar
  1. Pembinaan/Peningkatan Minat dan Bakat Siswa
a. Sasaran               : - Siswa yg memiliki minat di bidang olahraga, seni, dan sastra.
- Siswa yang memiliki minat di  bidang Kepramukaan, PMR, KIR, ROHIS dan UKS.
b. Waktu                    : - Setiap minggu
c. Peserta                  : - Siswa kelas X, XI, dan XII
   - Pengurus Osis
   - Pembina Osis dan  Pmbina Ekstrakurikuler
d.Tujuan                   :- Menginventarisir siswa yang berbakat dalam berbagai bidang olahraga, seni, sastra, pramuka, PMR, KIR, ROHIS dan UKS.
                         - Menyalurkan bakat dan minat siswa dalam bidang studi olahraga, kesenian, bahasa Inggris dan sastra
  1. Pembinaan/Peningkatan Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
a. Sasaran              : - Siswa yang memiliki minat dan kemampuan dalam kegiatan  Ekstrakurikuler
b. Waktu                       : - Setiap minggu
                              - Dua kali satu bulan
C. Peserta                    :- Siswa kelas X, XI dan XII
- Pengurus Osis dan Ekstrakurikuler
- Pembina Osis dan  Pembina Ekstrakurikuler
d. Tujuan                      :- Menyalurkan bakat dan minat siswa
 - Memperoleh pengetahuan dasar tentang kepemimpinan dan berorganisasi
  1. Penamatan dan perpisahan kelas XII
a. Sasaran                   : - Siswa kelas  XII
b. Waktu                       : - Juni 2011
c. Peserta                      : Siswa kelas XII,  Panitia, Guru, dan Undangan
d. Tujuan                       : - Memperat hubungan antara guru dengan siswa
      - Menumbuhkan rasa persaudaraan antara siswa

B.  KURIKULUM

1.     Rapat kerja
a. Sasaran             : Guru mata pelajaran, BP/BK dan Pegawai
b. Waktu                 : 15 Juli 2011
c. Peserta               : Semua guru MP, BP/BK dan pegawai
d. Tujuan                : Penyusunan program, Penyusunan perangkat
                                 pembelajaran, evaluasi program tahun pelajaran 2006/2007
2.     Komposisi Kelas program Jurusan dan Kurikulum
a.  Sasaran                : Siswa
b  Sasaran                 : Juli 2011
c.  Peserta                 : 191 orang siswa
d.  Tujuan                  : Menentukan jumlah siswa menempatkan siswa pada
jurusan yang sesuai dan menyalurkan minat/bakat yang dimiliki serta penyebaran siswa ke setiap kelas pada kelas X
3.  Pembagian Tugas Guru
a.    Sasaran               : Guru mata pelajaran dan guru BK
b.    Waktu                   : Juli 2011  dan Januari  2012
c.    Peserta                : 68 orang
d.    Tujuan                 : Mendistribusikan jam pelajaran sesuai dengan bidang
study masing-masing
4.   Penyusuan Roster dan Kalender Pendidikan
a.   Sasaran               : Guru dan siswa
b.   Waktu                  : Juli 2011  dan Januari  2012
c.   Peserta                : 68 orang guru + 581 orang siswa
d.  Tujuan                  : Untuk memudahkan pelaksanaaan intra dan ekstra
kurikuler
5.   Pelaksanaan Ulangan tengah semester dan semester
a.    Sasaran               : Guru dan siswa
b.   Waktu                  : September 2010  dan Desember 2011 untuk semester 1
                                      Maret 2011 dan Juni 2012 untuk semester 2
c.   Peserta                : 68 orang guru + 581 orang siswa
d.   Tujuan                 : Untuk memperoleh data/umpan balik untuk memberikan
perbaikan dan pengayaan
6. Pengelolaan Nilai dan Ulangan Umum
a.   Sasaran               : Guru dan siswa
b.   Waktu                  : Desember 2010  dan Juni 2011
c.   Peserta                : 68 orang guru + 581 orang siswa
d.  Tujuan                  : Memberi laporan kemajuan dan perkembangan siswa mengenai kognitif, psikomotor dan afektif.
7. Pelaksanaan US dan UN
a.  Sasaran           : Guru dan siswa
b.  Waktu               : April - Mei 2012
c. Peserta              : 68 0rang guru + 179 orang siswa
d. Tujuan                : Untuk menentukan keberhasilan dan ke tidak berhasilan  siswa
8. Pengelolaan Perpustakaan
a.   sasaran               : Pustakawan dan siswa
b.  Waktu                   : Juli 2009   s.d.  juni 2010
c.  Peserta                 : 68 orang + 581 orang siswa
d.  Tujuan                  : Untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar
9. Pengelolaan Laboratorium
a.  Sasaran         : Laboran,  Guru Fisika,  Guru Kimia,  Guru Biologi,  Guru   TIK dan siswa
b.  Waktu              : Juli 2011  s.d.   Juni 2012
c.   Peserta            : 18  orang Laboran dan Guru + semua siswa
d.  Tujuan                : Untuk memanfaatkan laboratorium sebagai sumber belajar
10.  Peningkatan Mutu Pembelajaran
a.  Sasaran    : Guru mata pelajaran/Guru BP/BK
b.  Waktu       : Juli  2011  s.d.  Juni 2012
c.  Peserta     : Diperkiraan 25 orang dari semua guru
d. Tujuan       : Untuk meningkatkan profesionalisme dan mutu pembelajaran

C.  PENGEMBANGAN DIRI

1. Kelompok Ilmiah Remaja
a.  Sasaran       :   Guru pembina dan siswa kelas X, XI dan XII
b.  Waktu        :  Agustus 2011 s.d. Juni 2012, sebanyak 10 kali pertemuan  setiap       semester
c. Peserta       :   Siswa kelas X,  XI  dan  XII yang   berminat   dalam kegiatan ini
d. Tujuan            :  Untuk melatih siswa yang berbakat dalam penulisan karya ilmiah remaja dan mampu berprestasi ditingkat sekolah, Kabupaten,, Provinsi bahkan ditingkat Nasional                              
2. ROHIS
a.  Sasaran       :   Guru pembina dan siswa kelas X, XI dan XII
b.  Waktu        :  Agustus 2011 s.d. Juni 2012, sebanyak 10 kali pertemuan  setiap       semester
c. Peserta          :   Siswa  kelas  X, XI dan  XII  yang  berminat  dalam kegiatan ini
d. Tujuan            :  Untuk melatih siswa yang berbakat dan kurang mampu dalam  baca tulis Al-Qur’an          


3. Bela Diri            
a.  Sasaran       :   Pembina dan siswa kelas X, XI dan XII
b.  Waktu        :  Agustus 2011 s.d. Juni 2012, sebanyak 10 kali pertemuan  setiap       semester
c. Peserta         :   Siswa kelas X, XI dan XII yang berminat dalam kegiatan ini
d. Tujuan            : Untuk melatih dan menyalurkan bakat / minat siswa  dan mampu berprestasi ditingkat sekolah, Kabupaten, Provinsi bahkan ditingkat Nasional                                
4. Seni
a.  Sasaran       :   Pembina dan siswa kelas X, XI dan XII
b.  Waktu        :  Agustus 2011 s.d. Juni 2012, sebanyak 10 kali pertemuan  setiap       semester
c. Peserta       :  Siswa kelas X, XI dan XII yang berminat dalam kegiatan ini
d. Tujuan          :  Untuk melatih siswa dan memanfaatkan sanggar seni SMA Negeri 1 Watampone serta mampu berprestasi ditingkat sekolah, Kabupaten,, Provinsi bahkan ditingkat Nasional                                
5. Palang Merah
a.  Sasaran       :  Pembina dan siswa kelas X, XI dan XII
b.  Waktu        :  Agustus 2011 s.d. Juni 2012, sebanyak 10 kali pertemuan  setiap       semester
c. Peserta         :   Siswa kelas X, XI dan XII yang berminat dalam kegiatan ini
d. Tujuan            :  Untuk melatih siswa bekerja sama, menolong sesamanya dan    
                              bersifat mandiri          
6. BAPOBSI
a.  Sasaran       :   Pembina dan siswa kelas X, XI dan XII
b.  Waktu        :  Agustus 2011 s.d. Juni 2012, sebanyak 10 kali pertemuan  setiap       semester
c. Peserta           : Siswa kelas X, XI dan XII yang punya potensi dan bakat
                           dibidang Olah raga
d. Tujuan         :  Untuk melatih dan membina sesuai dengan bakat / minat  olah raga yang digelutinya serta mampu berprestasi ditingkat sekolah, Kabupaten,, Provinsi bahkan ditingkat Nasional       

C.  SARANA

1. Operasional listrik, komputer dan internet
a.  Sasaran       : Listrik komputer dan internet
b.  Waktu         :  Juli 2011 s.d. Juni 2012
c. Peserta        :  Bagian sarana dan penanggung jawab komputer
d. Tujuan          :  Tuntutan KTSP 2006 dan persiapan RSKM/SSN  
                              
2. Perbaikan / Pengadaan Meja, Kursi dan papan Tulis
a.  Sasaran            :  Perbaikan meja, kursi dan papan tulis
b.   Waktu               : Juli 2011 s.d.  Juni 2012
c.   Peserta             : Bagian sarana
d.   Tujuan                : Kebutuhan siswa
3. Penataan Taman Sekolah /  Kebersihan Sekolah
a.  Sasaran            :  Penataan Taman dan kebersihan
b.   Waktu               : Juli 2011 s.d. Juni 2012
c.   Peserta             : Bagian Sarana, serta Seluruh komponen sekolah
d.   Tujuan               : Memperindah Lingkungan sekolah
4. Pengadaan alat/bahan Praktek IPA
a.  Sasaran              : Alat / bahan praktek IPA
b.  Waktu               :  Juli 2011 s.d. Juni 2012
c. Peserta                 :  Bagian sarana dan Guru IPA
d. Tujuan                  :  Tuntutan KTSP 2006 dan persiapan RSKM/SSN                                
5   Perbaikan, pengecetan pagar dan gedung
a.  Sasaran            :  Pagar, Gedung dan atap
b.   Waktu               : Juli 2011 s.d. Juni  2012
c.   Peserta              : Bagian sarana
d.   Tujuan                : Memperbaiki dan Memperindah Lingkungan Sekolah
6. Pengadaan alat olahraga
a.  Sasaran            : Alat olahraga
b.   Waktu               : Juli 2011 s.d. Juni 2012
c.   Peserta             : Bagian Sarana dan penanggung jawab guru olahraga
d.   Tujuan               : Tuntutan  KTSP 2006 dan persiapan RSKM /SSN
7. Pengadaan alat kesenian
a.  Sasaran            :  Alat kesenian
b.   Waktu               : Juli 2011 s.d. Juni 2012
c.   Peserta             :  Bagian Sarana dan penanggung jawab guru kesenian
d.   Tujuan               : Tuntutan  KTSP 2006 dan persiapan RSKM /SSN
8. Pembangunan gedung pusat sumber belajar
a.  Sasaran            :  Gedung PSB
b.   Waktu               : Juli 2011 s.d. November 2012
c.   Peserta             :  Bagian Sarana sebagai penanggung jawab
d.   Tujuan               : Tuntutan  KTSP 2006 dan persiapan RSKM /SSN

 


9. Pembangunan gedung Laboratorium Biologi
a.  Sasaran            :  Gedung Laboratorium Biologi
b.   Waktu               : Juli 2009 s.d. November 2009
c.   Peserta             :  Bagian Sarana sebagai penanggung jawab
d.   Tujuan               : Tuntutan  KTSP 2006 dan persiapan RSKM /SSN

D. HUMAS

a. Aspek pengembangan hubungan internal sekolah
1. sasaran              : Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah, urusan, guru mata pelajaran, guru BP/BK dan pegawai
2. Waktu                 : Juli 2011 s.d.  Juni 2010(setiap saat)
3. Peserta               : 80 orang
4. Tujuan                : menjalin kerjasama yang harmonis internal sekolah
b. Aspek pengembangan hubungan eksternal sekolah
1. sasaran              : Wali kelas, BP/BK, orang tua siswa, siswa dan masyarakat lingkungan sekolah serta komite
2. Waktu                 : Juli 2011 s.d. Juni 2012 (setiap saat)
3. Peserta               : 581 orang siswa/orang tua + 5 orang BP/BK
4. Tujuan                : menjalin kerjasama yang harmonis internal sekolah dengan orang tua siswa dan masyarakat lingkungan sekolah serta Komite

V.  Analisis SWOT

A.  KESISWAAN

1. Penerimaan Siswa Baru dan MOS
a. Kekuatan
1) Tenaga pendidik yang sangat diandalkan
2) Berpredikat sekolah RSKM/SSN
3) Lokasi sekolah yang strategis
b. Kelemahan
1) Sarana dan prasarana belum memadai
c.  Peluang
1) Menjadikan siswa memliki kepribadian, cerdas,trampil dan berkualitas
2) Dapat berprestasi di luar sekolah baik secara akademik maupun non akademik
d.  Ancaman
1) Terbatasnya jumlah siswa yang diterima
2) Adanya sekolah-sekolah vaporit lainnya
2. Pembinaan / peningkatan pelaksanaan tata tertib sekolah dan 7 K
a. Kekuatan
1) Progam rutinitas sekolah
2) Motivasi pimpinan sekolah sangat tinggi
3) Komitmen warga sekolah
b. Kelemahan
1) Masih kurangnya kepedulian sebagian dari warga sekolah tentang kebersihan dan keindahan sekolah
2) Belum optimalnya penerapan sanksi terhadap pelanggaran siswa
c.  Peluang
1) Terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif
2) Menjadikan sekolah sehat, bersih dan indah
d.  Ancaman
1) Adanya kelompok-kelompok diluar lngkungan sekolah
3. Pembinaan / peningkatan mutu pelaksanaan organisasi siswa
a. Kekuatan
1) Motivasi siswa dalam mengembangkan organisasi sangat tinggi
2) Kemampuan guru pembina  sangat diandalkan
3) Disiplin siswa dalam mengelolah organisasi
b. Kelemahan
1) Kurangnya waktu yang tersedia untuk mengelola organisasi
2) Sarana dan prasarana belum memadai
c.  Peluang
1) Menjadikan organisasi siswa sebagai wadah penyaluran aspirasi dan prestasi
2) Memilki kemampuan berorganisasi dan kepemimpinan sehingga dapat tampil di masyarakat
d.  Ancaman
1) Terlalu padatnya kegiatan siswa pada bidang akademik
2) Masih kurangnya tingkat kepedulian sebagian orang tua siswa terhadap organisasi siswa
4. Pembinaan / peningkatan Iman dan Taqwa ( IMTAK )
a. Kekuatan
1) Motivasi siswa sangat tinggi
2) Kemampuan guru pembina sangat diandalkan
b. Kelemahan
1) Kurangnya waktu yang tersedia
2) Sarana dan prasarana belum memadai
c.  Peluang
1) Menjadikan wadah untuk menimbah pengalaman  spiritual siswa
2)  Menjadi juara pada kegiatan lomba yang bersifat keagamaan
d.  Ancaman
1) Adanya kelompok-kelompok di luar lingkungan sekolah
3) Terlalu padatnya kegiatan siswa pada bidang akademik

5. Pembinaan / peningkatan Prestasi Siswa
a. Kekuatan
1) Motivasi siswa untuk meraih prestasi sangat tinggi
2) Program rutinitas sekolah
3) Motivasi guru mata pelajaran sangat tinggi
4) Tenaga pendidik yang trampil dan profesional
b. Kelemahan
1) Masih kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran
2) Prekrutan calon siswa belum memadai
3) Belum opimalnya proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh sebagian guru mata pelajaran
c.  Peluang
1)  Menjadi juara pada setiap kegiatan lomba tingkat sekolah, Kabupaten dan Propinsi
2) Menjadi bekal bagi siswa untuk kelanjutan pendidikannya dan pengabdian dilinkungan masyarakat
d.  Ancaman
1) Adanya beberapa kegiatan lain di luar lingkungan sekolah
6. Pembinaan / peningkatan Minat dan Bakat Siswa
a. Kekuatan
1) Motivasi siswa dalam mengembangkan minat dan minat sangat tinggi
2) Kemampuan guru pembina  sangat diandalkan
3) Motivasi pembina dan pimpinan sekolah sagat tinggi
b. Kelemahan
1) Belum optimalnya pelaksanaan pengembangan diri
2) Terbatasnya waktu pembinaan
3) Sarana dan prasarana belum memadai
c.  Peluang
1) Menjadikan media pengembangan diri bagi siswa
2)  Menjadikan siswa meraih untuk prestasi di tingkat lebih tinggi
d.  Ancaman
1) Terlalu padatnya kegiatan siswa pada bidang akademik
7. Pembinaan / peningkatan Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
a. Kekuatan
1) Motivasi siswa sangat tinggi dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
2) Kemampuan guru pembina Ekstrakurikuler sangat diandalkan
b. Kelemahan
1) Kurangnya waktu yang tersedia untuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler
2) Masih adanya guru pembina yang tidak optimal melaksanakan tugasnya

c.  Peluang
1) Menjadikan wadah untuk mengadaan dan memperluas wawasan berrmasyarakat
2) Menjadikan media penyaluran bakat dan minat siswa
3)  Media evaluasi siswa terhadap pemantapan pada kepribadian dengan kaitan pengetahuan siswa yang diperoleh dalam program pembelajaran dikelas
d.  Ancaman
1) Kurangnya kepedulian sebagian guru, orang tua siswa dan masyarakat terhadap kegiatan ekstrakurikuler
2) Belum memadainya sarana dan prasarana
3) Terlalu padanya kegiatan-kegiatan siswa

8. Penamatan dan Perpisahan kelas XII
a. Kekuatan
1) Antusiesme siswa sangat tingi
2) Program rutinitas sekolah
b. Kelemahan
1) Kurangnya kesadaran sebagian siswa dalam mempertahankan jati diri yang utuh sehingga memungkinkan adanya hal yang tidak tekendali
2) Kurang maksimal menghadirkan keseluruhan siswa
3) Adanya peluang melakukan kegiatan tidak positif
c.  Peluang
1) Menjadi wadah pemersatu dalam rangka menumbuhkan rasa persaudaraan antara siswa
2) Menjadikan media evaluasi akhir program sekolah
3)  Sarana komunikasi untuk mempererat hubungan antara orang tua siswa, guru dan siswa
d.  Ancaman
1) Sarana dan dana masih kurang
2) Adanya kelompok-kelompok di luar lingkungan sekolah
3) Adanya sikap tidak puas

B.  KURIKULUM

  1. Rapat Kerja
a. Kekuatan
1) Program Rutinitas sekolah
2) semua warga sekolah menyetujui
b. Kelemahan
1) Massih ada guru yang belum hadir
2) Masih ada guru yang belum mengevaluasi program tahun sebelumnya

c. Peluang
1) Merupakan kebutuhan pokok program ini
2) Dilaksanakan rutinitas diawal tahun pelajaran baru atau diawal setiap semester yang berjalan
d. Ancaman
1) Ada beberapa yang menghiraukan program ini
2) Ada pihak yang tidak puas
  1. Komposisi kelas,  Pengurusan dan Kenaikan Kelas
a.    Kekuatan
1)    Program sekolah
2)    Semua warga sekolah menyetujui
b.    Kelemahan
1)    Adanya target perjurusan
2)    Ada beberapa siswa yang memilih tidak sesuai dengan bakat
c.    Peluang
1)    Sebagian besar mendukung program ini
2)    Dilaksanakan rutinitas di akhir tahun pelajaran
3)    Adanya orang tua terlibat didalamnya
d.    Ancaman
1)    Ada pihak  yang tidak puas
  1. Pembagian Tugas Guru
a.    Kekuatan
1)    Program sekolah
2)    Semua warga sekolah mendukung
b.    Kelemahan
1)    Ada guru yang mengajar yang berlatar belakan pendidikan yang berbeda
2)    Masih ada guru yang mengajar kurang dari 24 jam untuk memenuhi jumlah jam sertifikasi
c.    Peluang
1)    Semua mendukung program ini
2)    Dilaksanakan rutinitas diawal  semester
d.    Ancaman
1)    Ada pihak yang tidak puas
  1. Penyusunan Roster dan Kalender Pendidikan
a.    Kekuatan
1)    Program Nasional
2)    Program sekolah
3)    Semua warga mendukung program ini

b.    Kelemahan
1)    Pembuatan kalender terlambat
2)    Ada pihak yang mengajar pada hari tertentu
3)    Ada yang mengajar di luar ( honor di sekolah lain )
c.    Peluang
1)    Rata-rata mendukung program ini
2)    Dilaksanakan rutinitas pada awal semester
d.    Ancaman
1)    Ada pihak yang tidak puas
2)    Kinerja menurun
  1. Pelaksanaan Ulangan tengah semester
a.    Kekuatan
1)    Program Sekolah
2)    Semua mendukung program ini
3)    Lingkungan sekolah mendukung karena memudahkan melihat ketuntasan KD setiap mata pelajaran
b.    Kelemahan
1)    Masih ada guru yang menghadapi kelas yang banyak
2)    Sulit melaksanakan remedi dan pengajaran
3)    Tiba jadwal pokok bahasan belum habis
4)    Ada beberapa hari Raya yang bertepatan dengan kegiatan PBM
c.    Peluang
1)    Program sekolah
2)    Program KTSP 2006
3)    Mudah mengontrol ketuntasan belajar
d.    Ancaman
1)    Siswa susah mengatur waktu belajar
2)    Ada pihak yang tidak puas
  1. Pengelolaan Nilai dan Ulangan Umum
a.    Kekuatan
1)    Program Diknas
2)    Program sekolah
3)    Semua warga mendukung
b.    Kelemahan
1)    Ada guru yang menilai tidak obyektif
2)    Arsip penilaianbelum memuaskan
3)    Pemeriksaan yang terlambat
4)    Masih menghadapi kelas paralel yang banyak

c.    Peluang
1)    Dilaksanakan rutinitas disetiap akhir semester
2)    Melihat perkembangan kognitif, psikomotor dan  afektif siswa
d.    Ancaman
1)    Kinerja menurun
2)    Ada pihak yang tidak puas
  1. Pelaksanaan US dan UN
a.    Kekuatan
1)    Program Diknas
2)    Program sekolah
3)    Semua warga sekolaj mendukung
b.    Kelemahan
1)    Pengelolaan nilai yang masih manual
2)    Tenaga profesional masih kurang
3)    Terlambatnya pedoman pelaksanaan
4)    Kordinas dengan Diknas masih kurang
c.    Peluang
1)    Semua mendukung program ini
2)    Rutinitas dilaksanakan di akhir tahun pelajaran
3)    Siswa mempersiapkan diri
d.    Ancaman
1)    Ada pihak yang tidak puas
2)    Ada siswa yang tidak berhasil
  1. Pengelolaan Perpustakaan
a.    Kekuatan
1)    Program sekolah
2)    Semua warga mendukung
b.    Kelemahan
1)    Ruang perpustakaan belum layak
2)    Minat baca kurang
3)    Buku-buku bacaan masih kurang
4)    Pelayanan masih kurang
5)    Administrasi belum memadai
c.    Peluang
1)    Siswa merasa masih membutuhkan
2)    Tugas dari guru
d.    Ancaman
1)    Kejenuhan
2)    Kinerja menurun
3)    Situasi tidak kondussip
  1. Pengelolaan Laboratorium
a.    Kekuatan
1)    Program sekolah
2)    Semua mendukung
b.    Kelemahan
1)    Ruang belum layak
2)    Terlalu padat jadwal praktek
3)    Bahan dan alat banyak yang rusak
4)    Laboran tidak ada
c.    Peluang
1)    Guru dan siswa merasah sangat membutuhkan lalaboratorium
2)    Ada materi yang harus dibahas melalui praktek di laboratorium
d.    Ancaman
1)    Tugas yang lain terabaikan
2)    Kinerja menurun
3)    Ada pihak yang tidak puas
  1. Peningkatan Mutu Pembelajaran
a.    Kekuatan
1)    Program sekolah
2)    Semua guru mendukung program ini
b.    Kelemahan
1)    Tugas mengajar terlambat
2)    Sulit menyesuaikan roster dengan jadwal  pelatihan
c.    Peluang
1)    Guru merasa membutuhkan program ini
2)    Guru akan meningkatkan kualitas pengajaran
3)    Program ini disambut baik oleh semua guru
d.    Ancaman
1)    Ada pihak yang tidak puas
2)    Kinerja mengajar menurun

C. PENGEMBANGAN DIRI

1. Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR )

a. Kekuatan
1) Program sekolah
 2) Pengembangan diri siswa
 3) Warga sekolah menyetujui

b. Kelemahan
1) Minat siswa menulis karya ilmiah masih kurang
2) Referensi buku masih kurang
c. Peluang
1) Program tingkat Nasional
2) Pelaksanaannya rutinitas setiap tahun
d. Ancaman
1) Ada beberapa yang menghiraukan program ini
2) Ada pihak yang tidak puas
2. ROHIS

a. Kekuatan
1) Program sekolah
 2) Program Dinas Pendidikan Provinsi
 3) Warga sekolah sangat setuju
b. Kelemahan
1) Minat siswa untuk menjadi DAI masih kurang
2) Tenaga pembimbing belum memadai
c. Peluang
1) Program tingkat Provinsi
2) Salah satu alat seleksi penerimaan siswa baru
d. Ancaman
1) Ada beberapa oknum yang menghiraukan program ini
2) Kurangnya minat siswa terhadap program ini
3. Bela Diri

a. Kekuatan
1) Program sekolah
 2) Minat siswa sangat tinggi
 3) Warga sekolah sangat setuju
 4)  Lingkungan sekolah sangat memungkinkan
b. Kelemahan
1) Pelatih / Pembina masih belum memadai
2) Sarana belum memadai
c. Peluang
1) Sering dipertandingkan di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan tingkat Nasional
2) Adanya siswa yang pernah mewakili sekolah ke tingkat Nasional


d. Ancaman
1) Prasarana tidak lengkap
2) Ada beberapa oknum tidak menghiraukan program ini
4. Seni

a. Kekuatan
1) Program sekolah
 2) Minat siswa  tinggi
 3) Warga sekolah menyetujui
b. Kelemahan
1) Pelatih / Pembina belum memadai
2) Sarana belum memadai
3) Siswa mengutamakan program ini sehingga terbengkalai program intrakurikulernya
c. Peluang
1) Adanya sanggar yang telah dibentuk di sekolah
2) Sering di pertandingkan
d. Ancaman
1) Ada beberapa tidak menghiraukan program ini
2) Ada pihak yang tidak puas
5. Palang Merah Remaja

a. Kekuatan
1) Program sekolah
 2) Banyak siswa yang berminat
 3) Warga sekolah sangat setuju
b. Kelemahan
1) Sarana belum memadai
2) Pelaksanaan rata-rata diluar lingkungan sekolah
c. Peluang
1) Pembinaannya sejak lama
2) Siswa mudah tersalurkan sifat sosialnya
d. Ancaman
1) Ada beberapa yang menghiraukan program ini
2) Ada pihak yang tidak puas
6. BAPOBSI

a. Kekuatan
1) Program sekolah
 2) Sebagian besar siswa berminat
 3) Warga sekolah setuju
b. Kelemahan
1) Prasarana / sarana belum memadai
2) Lingkungan sekolah sempit
3)  Pelaksanaan banyak diluar lingkungan sekolah
4) Pelatih belum memadai
c. Peluang
1) Selalu dipertandingkan
2) Ada Perseni antar kelas, sekolah se Kabupaten Bone
3) Merupakan salah satu penyaluran bakat / minat dalam olahraga
d. Ancaman
1) Ada beberapa yang menghiraukan program ini
2) Ada pihak yang tidak puas

D.   SARANA

1. Operasional listrik, komputer, internet dan laboratorium
a. Kekuatan
1) Keputusan rapat Dewan Guru tahun 2011 / 2012
2) Tersedianya Laboratorium permanent
3) Pemanfaatan komputer dan laboratorium sesuai jadwal
b. Kelemahan
1)  Teknisi yang profesional
c. Peluang
1) Tuntutan  KTSP 2006 dan persiapan RSKM/SSN
2) Adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten/provinsi
b.    Ancaman
1) Kerusakan dengan perlakuan yang tidak sesuai dengan prosedur
2)  Kehilangan alat
2.  Perbaikan / pengadaan Meja, Kursi dan papan Tulis
a.  Kekuatan
1) Keputusan rapat Dewan Guru tahun 2011 / 2012
2) Sangat mendesak
3) Tuntutan  KBM
b. Kelemahan
1) Kualitas bahan yang kurang bagus
2) Sumber dana terbatas
3) Tidak adanya keseragaman
c.  Peluang
1) Tuntutan sekolah
2) Bantuan Pemerintah Kabupaten

d.  Ancaman
1) Cepat rusak
2) Cepat kotor
3  Penataan taman sekolah / kebersihan sekolah
a. Kekuatan
1) Keputusan rapat warga sekolah
2) Sangat dibutuhkan
2) Komponen sekolah mendukung program ini
3) Menghindari dari sifat kejenuhan
b. Kelemahan
1) Adanya sebagian gedung belum terselesaikan
2) Kurang adanya perawatan
c. Peluang
1) Tuntutan sekolah
2) Bantuan dari Pemerintah Kabupaten
d. Ancaman
1) Cepat rusak
2) Kurang perawatan karena faktor dana
4. Pengadaan alat/bahan Praktek IPA
a. Kekuatan
1) Keputusan rapat Dewan Guru tahun 2011 / 2012
2) Bahan yang dibutuhkan sangat mendesak
3) Tersedianya Laboratorium IPA
4) Pembuktian dan teori
b. Kelemahan
1)  Tempat Penyimpanan
2) Langkahnya alat/bahan yang dibutuhkan
c. Peluang
1) Tuntutan  KTSP 2006 dan RSKM / SSN
2) Adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten / provinsi
d. Ancaman
1) Adanya zat yang mudah teroksidasi, efeknya pada perkaratan
2) Asap dari zat pekat yang menimbulkan kanker
3) Mudah Patah dan pecah
5.   Perbaikan, pengecetan pagar dan gedung
a.   Kekuatan
1) Keputusan rapat Dewan Guru tahun 2011 / 2012
2) warga sekolah antusias dengan program ini
3) Menghindari dari perkaratan dan warna belang

b.  Kelemahan
1) Kurangnya proses pengecetan akibat coretan
c,   Peluang
1) Bantuan Komite dengan adanya Program sekolah
2) Keterlibatan siswa
d.  Ancaman
1) Belang-belang, akibat bangunan sudah tua / lapuk
2) Kurangnya keindahan sekolah
6. Pengadaan alat olahraga
a. Kekuatan
1) Keputusan rapat Dewan Guru tahun 2011 / 2012
2) Alat sangat mendesak
 3) Sistem penilaian dominan pada psikomotorik
b. Kelemahan
1) Tempat penyimpanan ( gudang )
2)  Jumlah terbatas ( kurang dana )
c. Peluang
1)  Tuntutan KTSP 2006 dan RSKM / SSN
1)  Bantuan Pemerintah Kabupaten
d. Ancaman
1) Cepat rusak
2) Sering hilang
7. Pengadaan alat kesenian
a. Kekuatan
1) Keputusan rapat Dewan Guru tahun 2011 / 2012
2) Alat sangat mendesak
 3) Sistem penilaian dominan pada psikomotorik
b. Kelemahan
1) Tempat penyimpanan ( gudang )
2)  Jumlah terbatas ( kurang dana )
c. Peluang
1)  Tuntutan KTSP 2006
2)  Bantuan Pemerintah Kabupaten
d. Ancaman
1) Cepat rusak
2) Sering hilang



8. Pembangunan gedung pusat sumber belajar
a. Kekuatan
1) Program sekolah
 2) Minat tenaga pendidik tinggi
 3) Warga sekolah menyetujui
b. Kelemahan
1) penggunaan TIK bagi guru mata pelajaran belum memadai
2) Sarana belum memadai
c. Peluang
1)  Tuntutan KTSP 2006
2)  Bantuan Pemerintah pusat
d. Ancaman
1) Ada beberapa tidak menghiraukan program ini
2) Ada pihak yang tidak puas
9. Pembangunan gedung Laboratorium Biologi
a. Kekuatan
1) Program sekolah
 2) Minat tenaga pendidik tinggi
 3) Warga sekolah menyetujui
b. Kelemahan
1) penggunaan lab. Biologi  bagi guru Biologi belum memadai
2) Sarana belum memadai
c. Peluang
1)  Tuntutan KTSP 2006
2)  Bantuan Pemerintah pusat
d. Ancaman
1) Ada beberapa tidak menghiraukan program ini
2) Ada pihak yang tidak puas

D.  HUMAS

Aspek pengembangan hubungan internal sekolah
a. Kekuatan
1) Ketersediaan aturan perundang-undangan di bidang pendidikan
2) Ketersediaan aturan, petunjuk dan kesepakatan intern di sekolah
3) Program kerja sekolah yang tersusun etiap tahun
b. Kelemahan
1) Sistem informasi sekolah, antar sekolah dan lingkungan sekolah belum tersedia
2) Pemahaman program kerja sekolah dari sebagian orang tua siswa masih terbatas
3) Sekolah belum teikat oleh komitmen dan visi-misi bersama
  1. Peluang
1)  Ruang dan waktu untuk berkomunikasi internal dan eksternal cukup luang
2) Perkembangan lingkungan internal sekolah dapat dimanfaatkan untuk membangun sistem pendidikan yang lebih baik
3) Dapat menjalin hubungan komunikasi efektif dengan sekolah lain yang dianggap berhasil sistemnya
d. Ancaman
1) Sistem yang lemah, output yang lemah pelanggan sekolah lari
2) Kemajuan sitem pendidikan sekolah lain yang tidak terimbangi, akan mengancam kelangsungan sekolah yang lemah sistemnya
3) Alumni kalah dalam persaingan seleksi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
Aspek pengembangan hubungan eksternal sekolah
a. Kekuatan
1) Ketersediaan aturan perundang-undangan di bidang pendidikan
2) Ketersediaan aturan, petunjuk dan kesepakatan ekstern di sekolah
3) Program kerja sekolah yang tersusun setiap tahun
b. Kelemahan
1) Sistem informasi sekolah, antar sekolah dan lingkungan sekolah belum tersedia
2) Pemahaman program kerja sekolah dari sebagian orang tua siswa masih terbatas
3) Sekolah belum teikat oleh komitmen dan visi-misi bersama
  1. Peluang
1)  Ruang dan waktu untuk berkomunikasi eksternal cukup luang
2) Perkembangan lingkungan eksternal sekolah dapat di manfaatkan untuk membangun sistem pendidikan yang lebih baik
3) Dapat menjalin hubungan komunikasi efektif dengan sekolah lain yang dianggap berhasil sistemnya
d. Ancaman
1) Sistem yang lemah, output yang lemah pelanggan sekolah lari
2) Kemajuan sitem pendidikan sekolah lain yang tidak terimbangi, akan mengancam kelangsungan sekolah yang lemah sistemnya
3) Alumni kalah dalam persaingan seleksi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
VI.  Alternatif dan Langkah-langkah Pemecahannya

A. KESISWAAN

1. Penerimaan siswa baru dan MOS
a.    Persiapan:
-          Mengadakan pertemuan dengan unsur pimpinan sekolah
-          Memfasilitasi pembentukan panitia MOS
-          Memfasilitasi penerbitkan SK kepanitiaan PSB dan MOS
b.    Pelaksanaan
-          Tahap pendaftaran
-          Seleksi berkas
-          Mengadakan ujian tertulis 
-          Mengadakan ts tulis baca Al-Qur’an
-          Pengumuman
-          Melaksanakan kegatan MOS
c.    Evaluasi:
-  Laporan tertuliis dari panitia pelaksana
2. Pembinaan / peningkatan pelaksanaan tata tertib sekolah dan 7K
a. Persiapan:
-          Mempersiapkan pertemuan pimpinan sekolah dengan pengurus OSIS, pembina, guru BK dan wali-wali kelas
-          Membentuk panitia lomba kebersihan dan keindahan
-          Memperbanyak dan mensosialisasikan pengggunaan atribut siswa dan tata tertib sekolah
b. Pelaksanaan
-          Melaksanakan proses permasalahan siswa melalui jalur pendekatan kemanusiaan
-          Melakukan proses permasalahan siswa disesuaikan apa yang tertuang pada tata tertib sekolah berdasarkan kewenangan
-          Melaksanakan koordinasi guru BK dan wali kelas
-          Menghimbau dan memberikan motivasi seluruh siswa pada setiap pelaksanaan upacara bendera tentang isi tata tertib dan pentingnya memelihara kebersihan lingkungan sekolah
-          Mengadakan lomba kebersihan kelas
c. Evaluasi:
-  Laporan tertuliis
3. Pembinaan / peningkatan mutu pelaksanaan organisasi siswa
a. Persiapan:
-          Merancang mekanisme pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS
-          Mempersiapkan SK kepengurusan organisasi siswa
-          Mempersiapkan pertemuan-pertemuan kepala sekolah dengan pengurus oganisasi siswa
-          Mempasilitasi sarana dan dana pada setiap jenis kegiatan keorganisasian
b. Pelaksanaan
-          Melaksanakan pemilihan dan pembentukan pengurus OSIS
-          Melaksanakan LDK siswa sbagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan
-          Melaksanakan koordinasi dengan pengurus organisasi siswa pada setiap pelaksanaan kegiatan
-          Melaksanakan pendekatan-pendekata terhadap pihak-pihak yang berkompeten dengan organisasi siswa
c. Evaluasi:
-  Laporan tertuliis pada setiap kegiatan yang dilaksanakan
-  Laporan pertnggungjawaban secara tertulis pada akhir semester genap
4. Pembinaan / peningkatan Iman dan Taqwa ( IMTAK )
a. Persiapan:
-          Mempersiapkan pembentukan pengurus ROHIS
-          Mempersiapkan SK kepengurusan ROHIS
-          Memfasilitasi sarana dana kegiatan keagamaan
-          Mempersiapkan pertemuan-pertemuan kepala sekolah dengan pengurus OSIS dalam hal kegiatan keagamaan
-          Merancang kegiatan-kegiatan pada hari besar keagamaan
b. Pelaksanaan
-          Mendorong pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan
-          Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan pengurus ROHIS dalam angka pelaksanaan kegiatan keagamaan ( Pesantren Kilat ) dan penggunaan sarana ibadah 
-          Melaksanakan peringatan maulid dan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
c. Evaluasi:
-  Laporan tertuliis pada setiap pelaksanaan  kegiatan
5. Pembinaan / peningkatan Prestasi siswa
a. Persiapan:
-          Menginventarisir peringkat siswa pada setiap akhir semester
-          Mempersiapkan hadiah dan piagam prestasi
-          Menjalin kerja sama dengan Urusan Kurikulum dan humas sekolah
b. Pelaksanaan
-          Memberikan piagam prestasi akademik dan hadiah bagi siswa berprestasi tingkat provinsi setiap akhir semester  yang dilaksanakan pada upacara bendera
-          Melaksanakan publikasi di Media Cetak
c. Evaluasi:
-  Laporan tertuliis hasil peringkat siswa dan laporan tertulis dari setiap prestasi yang diraih oleh siswa



6. Pembinaan / peningkatan minat dan bakat siswa
a. Persiapan:
-          Meninventarisir nama-nama siswa berdasarkan minat dan bakat masing-masing
-          Merancang jenis kegiatan pengembangan diri siswa dengan pembina OSIS
-          Memfasilitasi dana PORSENI siswa dan kegiatan lomba lainnya
-          Merancang jadwal pengembangan diri siswa
b. Pelaksanaan
-          Melaksanakan koordinasi dengan pembina OSIS dan guru BK tentang pelaksanaan pengembangan diri siswa berdasarkan minat dan bakat
-          Melaksanakan lomba PORSENI siswa
-          Menfasilitasi siswa pada setiap jenis kegiatan lomba tingkat kabupaten dan provinsi
c. Evaluasi:
-  Laporan tertuliis tentang hasil-hasil  kegiatan
7. Pembinaan / peningkatan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
a. Persiapan:
-          Mempersiapkan pertemuan-pertemuan dengan kepala sekolah, pengurus OSIS dan pembina
-          Memfasilitasi penerbitan SK dari setiap kegiatan ekstrakurikuler
-          Memfasilitasi dana dan sarana
-          Merancang bersama dengan pembinatentang kegiatan di luar sekolah
b. Pelaksanaan
-          Mengadakan koordinasi dengan pembina terhadap pelaksanaan kegiatan pramuka, PMR, PASKIBRAKA, KIR dan ROHIS
-          Memfasilitasi dan memotivasi pelaksanaan kegiatan kemah  terpadu, long march, kemah seni dan kegiatan lainnya
c. Evaluasi:
-Laporan tertuliis dari setiap pelaksanaan masing-masing kegiatan ekstrakurikuler
8. Penamatan dan perpisahan kelas XII
a. Persiapan:
-          Mempersiapkan pertemuan kepala sekolah dengan Komite sekolah
-          Mempersiapkan pertemuan-pertemuan dengan kepala sekolah, pengurus OSIS, pembina, wali-wali kelas guru BK dan panitia ujian nasional
-          Memfasilitasi penerbitan SK kepanitiaan
-          Memfasilitasi penggunaan sarana dan dana
-          Merancang bersama panitia tentang penamatan dan perpisahan
b. Pelaksanaan
-          Melaksanakan koordinasi dengan panitia pelaksana aga berjalan optmal
c. Evaluasi:
-Laporan tertuliis dari panitia pelaksana
B.  KURIKULUM
1.            Rapat Kerja
a. Persiapan
1) Waktu pelaksanaan
2) Materi pertemuan
b. Pelaksanaan
1) Pengarahan oleh kepala sekolah, sekaligus mengetahui program tahun sebelumnya dan penjelasan materi yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2011/20102 dan mengevaluasi program 2010/2011
2) Pembahasan materi penilaian dan penyempurnaan silabi oleh pihak yang ditunjuk oleh kepala sekolah
    c. Evaluasi
1) Menindak lanjuti hasil keputusan yang disepakati
2. Komposisi kelas, program pengurusan dan kenaikan kelas
a.    Persiapan
1)    Inventarisasi siswa untuk setiap penjurusan
2)    Inventarisasi daya tampung setiap jurusan
3)    Inventarisasi siswa yang  kemungkinan tinggal kelas dan naik kelas
4)    Pengetikan absen kelas
5)    Penggandaan absen kelas
b.    Pelaksanaan
1)    Rapat kenaikan kelas
2)    Kordinasi untuk penjurusan oleh kurikulum, wali kelas dan BK
3)    Kordinasi untuk komposisi kelas
4)    Distribusi absen kelas oleh wali kelas dan guru BK
c.    Evaluasi
1)    Menindak lanjuti  siswa yang tinggal kelas
2)    Menindak lanjuti siswa yang ada dijurusan masing-masing
3)    Pelaporan dan arsip dokumentasi
3. Pembagian tugas
a Persiapan
1). Mengimpentarisir jumlah jam dan banyaknya guru setiap bidang study
2). Mengelompokkan guru pada tingkatan kelas
b. Pelaksanaan
1). Rapat pembagian tugas
2). Menerbitkan SK pembagian tugas

c. Evaluasi
1). Mengontrol tugas dan pelaksanaan
2). Arsip dokumentasi
4. Penyusunan roster dan kalender pendidikan
a. Persiapan
1). Membuat kalender pendidikan
2). Menyusun roster pelaksanaan jam mengajar
b. Pelaksanaan
1). Menerbitkan roster jam pelaksanaan jam mengajar
2). Mensosialisasikan kepada siswa melalui Guru BP/BK dan wali kelas
3). Melaporkan kepasa kepala sekolah setiap bulan pelaksanaan jam mengajar untuk pembayaran kesra guru/pegawai melalui piket setiap hari kerja
c. Evaluasi
1 ). Mengontrol dan memperbaiki pelaksanaan jam mengajar
2 ). Administrasi dan pelaporan
5. Pelaksanaan ulangan jedah semester
a. Persiapan
1). Jadwal pelaksanaan
2). Sosialisasi kepada guru dan siswa
3). Membentuk panitia ulangan jedah semester
b. Pelaksanaan
1). Menerbitkan jadwal melalui program semster
2). Mengontrol pelaksanaan ulangan jedah semester
3). Mengumpulkan nilai melalui panitia
4). Pengelolaan nilai oleh panitia
c. Evaluasi
1). Memberi informasi kepada guru untuk pengulangan kepada siswa yang tidak tuntas
2). Pelaporan
6. Pengelolaan nilai dan ulangan semester
a. Persiapan
1). Pembentukan panitia
2). Jadwal pelaksanaan/pengawasan
3). Pembuatan leger
4). Pembuatan soal
5). Pengetikan soal
6). Pengadaan dan pengepakan
7). Distribusi soal

b. Pelaksanaan
1). Pengelolaann nilai oleh guru bidang study masing-masing
2).  Pengumpulan nilai melalui panitia
3). Pendistribusian nilai ke panitia ( Penginput nilai )
4). Pengisian leger/penulisan rapor untuk semester I
5). Penyerahan rapor semster I
6). Pengawasan
7). Pemeriksaan
8). Pengelolaan nilai
9). Pengumpulan nilai ke panitia
 10). Distribusi nilai ke panitia ( penginput nilai )
11). Pengisian leger/penulisan rapor semester II
12). Penyerahan rapor
c. Evaluasi
1). Mengontrol penulisan rapor
2). Pelaporan /arsip administrasi
7. Pelaksanaan US dan UN
a. Persiapan
1). Penyusuan Kr 02
2). Pembentukan panitia
3). Jadwal pelaksanaan ujian praktek dan tertulis
4). Jadwal pelaksanaan ujian utama dan susulan
5). Jadwal pengawasan
6). SK Panitia
7). SK pengawasan
8). Pengaturan ruang ujian
9). Pembagian biodata
  10).Pedoman penilaian
  11).Distribusi soal dari Diknas Kabupaten ke sekolah
  12).Persuratan keamanan
b. Pelaksanaan
1). Pelaksanaan praktek
2). Pengawasan US dan UN
 3). Pemeriksaan dan penilaian US
4). Pengiriman hasil UN ke Dinas Kabupaten
5). Pengelolaan nilai praltel dan US
6). Penerimaan hasil nilai kolektif UN
7). Penggabungan nilai US dengan UN
8). Penentuan kebrhasilan atau ketidak berhasilan
9). Pengambilan blangko STL
10). Penulisan STL
11). Distribusi ke siswa
c. Evaluasi
1). Pelaporan keberhasilan dan ketidak berhasilan
2). Administrasi
8. Pengelolaan perpustakaan
a. Persiapan
1). Inventarisasi buku yang dianggap kurang
2). Inventarisasi judul buku yang dianggap tidak ada
3). Jadwal kunjungan
4). Jadwal tugas laboran
5). Kartu perpustakaan
6). Buku daftar pinjaman/pengembalian
7). Daftar iuran
8). Tata tertib
b. Pelaksanaan
1). Pengadaan buku
2). Pembayaran iuran
3). Mendandatangani buku pinjaman/pengembalian
4). Mematuhi tata tertib
c. Evaluasi
1). Laporan bulanan
2). Administrasi
9. Pengelolaan laboratorium
a. Persiapan
1). Struktur organisasi
2). Jadwal praktek
3). Inventarisasi kekurangan alat/bahan
b. Pelaksanaan
1). Pelaksanaan praktek yang bergantian
2). Pengadaan alat/abahan
3). Pembuatan laporan tiap bidang study
c. Evaluasi
1). Administrasi dan pelaporan
10.Peningkatan Mutu Pembelajaran
a. Persiapan
1). Inventarisasi guru yang ikut pelatihan/MGMP
2). Jadwal pelatihan
3). Dafytar hadir pelatihan
b. Pelaksanaan
1). Pembuatan bahan ajar
2). Diskusi tentang hasil pelatihan
c. Evaluasi
1).  Administrasi dan pelaporan

C. PENGEMBANGAN DIRI

1. Kelompok Ilmiah Remaja

a. Persiapan
1) Jadwal pelaksanaan
 2) Inventarisasi siswa yang berminat dan berbakat
b. Pelaksanaan
1) Pertemuan berkala satu kali dalam satu minggu selama sepuluh minggu setiap semester
2) Pelatihan dan menulis
c. Evaluasi
1) Mengevaluasi hasil kinerja
2) Mengadakan lomba antar peserta
2. ROHIS

a. Persiapan
1) Jadwal pelaksanaan
 2) Inventarisasi siswa yang berminat dan siswa yang kurang mampu baca tulis Al-Qur’an
b. Pelaksanaan
1) Pertemuan berkala satu kali dalam satu minggu selama sepuluh minggu setiap semester
2) Melatih siswa yang kurang mampu baca tulis Al-Qur’an
3) Melatih siswa untuk menjadi DAI
c. Evaluasi
1) Lomba baca tulis Al-Qur’an
2) Lomba DAI
3. Bela Diri

a. Persiapan
1) Jadwal pelaksanaan
 2) Inventarisasi siswa yang berminat / berminat
3)  Mencari pelatih dari luar sekolah


b. Pelaksanaan
1) Latihan berkala selama sepuluh kali pertemuan setiap semester
2) Long March
c. Evaluasi
1) Pertandinan antar peserta
2) Tri out
4. Seni

a. Persiapan
1) Jadwal pelaksanaan
 2) Inventarisasi siswa yang berminat dan berbakat
3) Mendatangkan pelatih
b. Pelaksanaan
1) Latihan berkala selama sepuluh kali pertemuan setiap semester
2) Pemanfatan alat musik yang sesuai bakat / minat
c. Evaluasi
1) Pameran satu kali dalam satu tahun
2) Pagelaran seni musik setiap akhir tahun pelajaran
5. Palang Merah

a. Persiapan
1) Jadwal pelaksanaan
 2) Inventarisasi siswa yang berminat
b. Pelaksanaan
1) Pelatihan setiap hari minggu
2) mengadakan beking dua kali dalam satu semester
c. Evaluasi
1) Bakso satu kali dalam satu tahun
2) Perkemahan satu kali dalam satu tahun
6. BAPOBSI

a. Persiapan
1) Jadwal pelaksanaan
 2) Inventarisasi siswa yang berbakat setiap cabang olahraga
b. Pelaksanaan
1) Pelatihan setiap sore hari dan hari minggu selama sepuluh kali pertemuan setiap cabang olahraga
2) Perbaikan sarana olahraga
c. Evaluasi
1) Perseni antar kelas di akhir semester pertama
2) Tri out
3) Pertandingan antar sekolah melalui PORSENI tingkat kabupaten

C. SARANA

1. Operasional listrik, komputer, internet dan laboratorium

a. Persiapan
1) Dana dari subsidi pemerintah Kabupaten Bone serta partisipasi orang tua siswa
2) Pembayaran dan instal
b. Pelaksanaan
1) Juli 2011 sampai dengan Juni 2012
2) Urusan sarana sebagai koordinator
c. Evaluasi
1) Pelaksanaan kurikulum 2006
2) Jumlah kebutuhan
2. Perbaikan Meja, Kursi dan papan Tulis
a. Persiapan
1) Dana dari Subsidi Pemerintah Kabupaten Bone serta partisipasi orang tua siswa
2) Jumlah yang akan diperbaiki (data)       
b. Pelaksanaan
1) Juli 2009 sampai dengan Juni 2010
2) Tukang kayu di bawah pengawasan bidang sarana
c. Evaluasi
1) Awal tahun pelajaran
2) Kualitas perbaikan
3) Kebutuhan
3. Penataan/kebersihan sekolah
a. Persiapan
1) Dana dari Subsidi Pemerintah Kabupaten Bone serta partisipasi orang tua siswa
2) Daftar sasaran yang ditata
b. Pelaksanaan
1) Juli 2011 sampai dengan Juni 2012
2) Urusan sarana sebagai koordinator
c. Evaluasi
1) Keindahan
2) Penataan
4. Pengadaan alat/bahan praktek IPA
a. Persiapan
1) Dana dari Subsidi Pemerintah Kabupaten Bone
2) Inventarisasi pengelola LAB
3) Laporan guru-guru IPA
b. Pelaksanaan
1) Juli 2011 sampai dengan. Juni 2012
2) Pengadaan oleh urusan sarana
c. Evaluasi
1) Tuntutan praktek berdasarkan KTSP 2006
2) Melalui supervisi kelas
5. Perbaikan pengecetan
a. Persiapan
1) Dana dari Subsidi Pemerintah Kabupaten Bone serta sumbangan partisipasi orang tua siswa
2) Penetapan warna dan kebutuhan
b. Pelaksanaan
1) Juli 2011 sampai dengan Juni 2012
2) Tukang cat dengan pengawasan urusan sarana
c. Evaluasi
1) Keseragaman warna
2) Kualitas pengecetan
6. Pengadaan alat olah raga
a. Persiapan
1) Dana dari Subsidi Pemerintah Kabupaten Bone
2) Daftar Kebutuhan
b. Pelaksanaan
1) Juli 2011 sampai dengan Juni 2012
2) Guru Olahraga melalui urusan sarana
c. Evaluasi
1) Jumlah kebutuhan
2) Kualitas alat olahraga
7. Pengadaan alat kesenian
a. Persiapan
1) Dana dari Subsidi Pemerintah Kabupaten Bone
2) Daftar kebutuhan
b. Pelaksanaan
1) Juli 2011 sampai dengan Juni 2012
2) Guru kesenian melalui urusan sarana
c. Evaluasi
1) Sasaran kebutuhan dan penggunaan
2) Keterkaitan dengan kurikulum

8. Pembangunan gedung pusat sumber belajar
a. Persiapan
1) Dana dari  Pemerintah pusat
2) Daftar kebutuhan
b. Pelaksanaan
1) Juli 2011 sampai dengan November 2012
2) Guru mata pelajaran melalui urusan sarana
c. Evaluasi
1) Sasaran kebutuhan dan penggunaan
2) Keterkaitan dengan kurikulum
9. Pembangunan gedung Laboratorium Biologi
a. Persiapan
1) Dana dari  Pemerintah pusat
2) Daftar kebutuhan
b. Pelaksanaan
1) Juli 2011 sampai dengan November 2012
2) Guru mata pelajaran Biologi melalui urusan sarana
c. Evaluasi
1) Sasaran kebutuhan dan penggunaan
2) Keterkaitan dengan kurikulum

D.  HUMAS

a.    Aspek hubungan internal sekolah

1.  Persiapan

1) Pengumpulan, pengelolaan, penyajian data dan informasi manajemen sekolah
2)  Penyusunan dan penetapan jadwal rapat koordinasi rutin antar komponen sekolah ( Manajemen sekolah, Dewan guru dan OSIS ) dengan lingkungan eksternal ( instansi teknis pengelola pendidikan, orang tua siswa dan lain-lain
2.  Pelaksanaan

1) Penyusunan Visi-Misi bersama sekolah yang mencakup strategis, kebijakan, program kegiatan sekolah jangka panjang, menengah dan jangka pendek
2)  Pelaksanaan program kerja dari tahun ke tahun
3. Evaluasi
1) Pelaporan pertanggungjawaban tahunan sekolah di depan rapat koordinasi tahunan di depan komponen intern dan ekstern sekolah
2)  Penyampaian tanggapan komponen intern dan ekstern sekolah
3) Langkah-langkah kesepakatan perbaikan sistem kerja ke depan

b. Aspek pengembangan hubungan eksternal sekolah
!. Persiapan
1)  Hubungan dengan orangtua / wali siswa
- Mengidentifikasi siswa yang bermasalah melalui hubungan internal sekolah
- Mengetahui alamat orangtua/wali siswa
- Mempersiapkan hal-hal yang jelas tentang apa yang akan disampaikan
- Memberi informasi baik secara lisan maupun tulisan
- Menetapkan waktunya
- Melakukan kunjungan
- Mengagendakan hasil tanggapan
- Ditindaklanjuti untuk proses penyelesaian
- Menyelesaikan secara kekeluargaan baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah
2)  Hubungan dengan lembaga pemerintah, lembaga sosial dan dunia usaha
- Mempersiapkan hal-hal yang perlu disampaikan
- Mengagendakan
- Menindaklanjuti/menyelesaikan
3)  Hubungan dengan komite sekolah
- Mengidentifikasi tentang hal-hal yang perlu disampaiakan
- Mengagendakan hal tersebut
- Penyampaian
- Kesimpulan . tindak lanjut
4)  Hubungan dengan instansi yang terkait
- Mengidentifikasi tentang hal-hal penting
- Mengagendakan hak tersebut
- Penyampaian baik secara lisan / tulisan
- Tindak lanjut
5)  Hubungan dengan Mas Media/Wartawan
- Mengagendakan hal-hal yang penting untuk dipublikasikan kepada Mas - - Media / wartawan
- Menyampaiakan agenda tersebut
- Tanggapan / kesimpulan
6)  Hubungan dengan lembaga pendidikan yang satu dengan yang lain
- Mengidentifikasi hal-hal yang perlu untuk disampaikan
- Menyampaikan hal-hal tersebut baik secara lisan maupun tulisan
- Kesimpulan dari hasil penyampaian
- Tindak lanjut

2. Pelaksanaan
a. Melakukan kunjungan dan memberi informasi yang jelas sesuai dengan tujuan
 b. Berpedoman kepada, aturan, petunjuk dan instruksi dari yang berwenang
3. Evaluasi
a. Program kerja tersebut akan dapat berhasil dengan baik sesuai yang kita harapkan bila semua unsur yang terkait baik hubungan eksternal sekolah dapat menciptakan kerjasama yang baik dan memahami program-program yang telah ditetapkan.
b. Ketidakberhasilan program tersebut bila kurang tercipta kerjasama yang baik serta kurang memahami program yang ada dari semua urusan-urusan yang terkait eksternal sekolah.


                                                                                                 Watampone,  13  Juli   2011
                    Mengetahui :
                  Ketua Komite,                                                                Kepala Sekolah,




  Drs. H. ANDI ILYAS PALESANGI, M.H.                               Drs. MASSEPPIRANG,M.Si
                                                                                                  NIP  19571231 198303 1 190